9 Anjuran Sehat yang Hanya Buang Waktu



Menjadi sehat adalah tujuan dan idaman semua orang. Untuk mendapatkannya, bahkan tak jarang orang melakukan segala upaya baik yang dianjurkan secara medis maupun anjuran dari mulut ke mulut, meski harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak.
Namun ternyata tak semua petunjuk itu betul-betul memberikan manfaat yang sama jika Anda melakukannya. Bahkan tak lebih hanya sebagai kebiasaan yang justru membuang waktu-waktu Anda.
Seperti dilansir dari msnbc.com, ada 9 anjuran menuju sehat yang dinilai hanya menjadi kebiasaan.
1.Memeriksaan gigi ke dokter dua kali dalam setahun
Berawal dari iklan pasta gigi lawas di AS, kenyataannya dari 29 penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 tak menemukan bukti konklusif bahwa untuk mendukung kebutuhan pergi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali atau dua kali dalam setahun.
James Bader, D.D.S., M.P.H., seorang profesor peneliti di sekolah kedokteran gigi, University of North Carolina mengatakan, jika memang tidak ada masalah dengan gigi dan gusi Anda, satu kali setahun ke dokter gigi tidak masalah dan cukup untuk memeriksa apakah memang ada penyakit yang muncul di mulut Anda.
Namun yang harus diingat, jangan tunda terlalu lama untuk memeriksaan gigi Anda karena membersihkan gigi juga bisa menurunkan risiko serangan jantung Anda hingga 24 persen dan stroke 13 persen.

2. Jangan makan setelah jam 8 malam
Kalori bisa dibutuhkan tubuh kapan saja, tidak melihat apakah antara jam 06:30 pagi atau jam 8:20 malam. Susan Bowerman, MS, RD, asisten direktur UCLA Center for Human Nutrition menambahkan, membiarkan perut kelaparan dapat mengganggu pola tidur Anda.

Bahkan penelitian baru menemukan, bahwa jika Anda berusia lebih dari 60 tahun atau jika hendak olah raga malam, maka Anda harus mengkonsumsi makanan dahulu. Yang utama, katanya, adalah makanan yang mengandung protein sebagai bahan bakar tubuh Anda agart otot Anda lebih sintesis.
3. Scan untuk general chek-up seluruh tubuh setiap tahun
Scan memang bermanfaat, namun menurut Jonathan Goldin, MD, seorang ahli radiologi di UCLA, scan seringkali juga melewatkan bagian tubuh yang lain dan hanya memberi rasa nyaman yang palsu atau bahkan menemukan sesuatu yang sebenarnya tidak ada sehingga menyebabkan kecemasan yang tidak perlu.
Scan hanya direkomendasikan untuk orang di atas 45 yang memiliki faktor risiko seperti merokok, tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi. Jika itu tidak Anda, Anda tidak perlu scan.
4. Singkirkan susu kadaluwarsa
Tanggal aman pakai pada kemasan sebenarnya menjelaskan bahwa susu tidak dapat dijual. Sebaliknya, susu masih bisa Anda konsumsi. Meski rasanya mungkin sudah asam, ini tidak akan menimbulkan masalah di perut Anda. Lagipula susu akan berubah menjadi keju yang akan tetap berguna jika mengental lama.
5. Makanlah yang banyak agar flu segera sembuh
Namun anjuran ini tidak pernah ada bukti ilmiahnya. "Dalam jangka pendek, apa yang Anda makan tidak akan memberi pengaruh sama sekali," kata Jack M. Gwaltney Jr, MD, kepala divisi epidemiologi dan virologi di University of Virginia.
Dia menambahkan, perbanyaklah meminum cairan dan makanan yang Anda suka. Seperti makan sup terbukti mengurangi penumpukan lendir dan sakit tenggorokan.

6. Jangan makan apapun saat demam
Anjuran ini juga hanya mitos. Karena kenyataannya, suhu tinggi akibat demam akan meningkatkan metabolisme dan kalori Anda terbakar. Sehingga jika kondisi Anda lemah, penyakit ini akan tetap bertahan.
"Bahkan lebih penting untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda, setidaknya dua kali lebih banyak dari biasanya," kata Ben Ansell, M.D., Direktur Comprehensive Health Program di UCLA

7. Menyikat gigi dengan sikat gigi yang keras agar kotoran tersapu semua
Faktanya, sikat gigi yang keras hanya akan menyebabkan kerusakan pada gusi. Sikat gigi yang lembut pun bisa membersihkan sama baiknya dengan sikat yang keras. Demikian disampaikan Philip Mendelovitz, D.D.S., profesor kedokteran gigi di Sekolah Kedokteran UCLA.
8. Menggosok Gigi Dua Kali Sehari
"Plak membutuhkan waktu 24 jam untuk mengeras," ujar Dr. Mendelovitz. Jadi katanya, menggosok gigi sekali sehari itu pun sudah cukup asal dengan cara yang benar-benar bagus.



sumber: INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About