Awas Berlebih Garam, Ini Bahayanya



Tak hanya menyebabkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit multiple sclerosis atau MS.

Mengutip dailymail, MS adalah salah satu dari sejumlah penyakit yang berkaitan dengan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Termasuk di antaranya yaitu asma, eksim dan alopecia, yang sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang dirinya sendiri karena ada kesalahan.

"Studi ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa kelebihan garam menjadi salah satu faktor yang mendorong peningkatan penyakit autoimun," kata tim ilmuwan dari Yale University di Amerika Serikat dan University of Erlangen-Nuremberg, di Jerman.

Tim mempelajari peran sel T-helper atau yang mereka sebut Th17, dalam tubuh yang kinerjanya adalah mengaktifkan sel-sel lain dan membantu melawan patogen berbahaya seperti bakteri, virus dan serangan infeksi.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa Th17 juga memainkan peran penting dalam perkembang penyakit autoimun.

Penelitian menemukan, larutan garam yang berlebihan masuk ke dalam tubuh telah membuat mereka bertindak lebih agresif.

Hal ini setelah dilakukan percobaan terhadap tikus yang diberi diet garam tinggi dan melihat peningkatan cepat terhadap jumlah sel th17 dalam sistem saraf yang akhirnya menyebabkan peradangan.

Mereka juga lebih mungkin untuk mengembangkan ke lebih parah dari penyakit yang berhubungan dengan multiple sclerosis pada manusia. 


SUMBER: INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About