Awas! Kebiasaan Buruk Ini Cepat Rusak Ginjal



Kesehatan ginjal merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pilihan gaya hidup sehat dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan termasuk menurunkan risiko penyakit ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang berfungsi untuk menjauhkan tubuh dari segala racun yang mengendap. Selain itu, ginjal juga membantu komposisi cairan tetap terjaga dan mencegah dehidrasi. Menjaga kesehatan ginjal menjadi sangat penting agar tubuh tetap fit dan sehat.

Cairan yang ada dalam tubuh tentu akan keluar secara alami lewat keringat atau urin. Saat tubuh kehilangan cairan, kita harus mengganti pasokan cairan ini dari luar dengan mengonsumsi air.
Ginjal juga punya fungsi yang luar biasa seperti mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit penting dan menjaga ritme jantung.

Namun sebagian orang justru sering melakukan beberapa kebiasaan buruk yang justru dapat merusak kesehatan ginjal. Apa saja?

Kurang minum yang sebabkan dehidrasi

Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi organ ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini melalui berbagai cara misalnya mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih.
Bila Anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.

Konsumsi obat sembarangan

Obat kimia adalah zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan.

Pemberian obat menyebabkan pengeluaran cairan berlebihan berupa urin sehingga menyebabkan tubuh yang kekurangan akan air. Padahal air merupakan faktor penting dalam tubuh kita.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Berdasarkan data dari IRR tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal sebanyak 35%. 

Tak mengkonsumsi makanan sehat
Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet juga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Minuman seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.


sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About