Fakta-Fakta Unik Seputar Pola Tidur Bayi



Bayi memiliki pola tidur yang unik. Si kecil bisa seperti kelelawar yang beraktivitas di malam hari dan terlelap di siang hari. Atau bahkan seperti kucing yang durasi tidurnya tak pernah panjang.

Buah hati Anda memang tak mengenal istilah tidur lelap sepanjang malam. Waktu tidor yang dibutuhkannya memang terpecah menjadi tidur pagi, siang, sore, dan malam yang tidak tentu waktunya.

Lantas, bagaimana Anda bisa beradaptasi dengan masalah ini?

Dilansir babyzone.com, Dr Ethan Benore, seorang psikolog anak yang mendalami pola tidur bayi menjelaskab bahwa Anda bisa menyiasati waktu tidur untuk Anda dengan mengenali kebiasaan tidur si kecil.

"Mengetahui pola tidur si kecil akan dapat membantu Anda merencanakan langkah yang harus dilakukan agar Anda bisa memiliki waktu tidur yang lebih sehat," kata Dr Ethan.


Si lumba-lumba

Ketika tidur, si kecil tampak gelisah, seperti lumba-lumbayang tidornya tidak nyenyak karena otaknya harus bekerja untuk bernapas. Anak yang tidurnya gelisah, bukan berarti memiliki masalah tidur, mungkin dia hanya mengalami tidur aktif.

Anda tidak perlu khawatir dan memberi respons yang berlebihan karena itu justru akan membuat segalanya bertambah parah. Namun apabila menaruh perhatian terhadap masalag tidurnya, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter.

Si kelelawar

Ketika matahari terbenam, tipa bayi kelelawar baru memulai aktivitasnya. Ia tidur di siang hari dan terjaga di malam hari. Ini mungkin akan membuat Anda sulit memiliki waktu tidur.

Anda bisa saja mengikuti pola tidurnya, tetapi waktu Anda untuk melakukan aktivitas lain jadi berkurang. Nah, untuk mengubah pola tidurnya, sebisa mungkin buat ia terjaga di siang hari.

Si kucing

Kucing tidur rata-rata 16 jam per hari, 75% berupa tidur ringan atau dalam durasi pendek. Begitu juga dengan bayi Abda. Ia bisa tidur sepanjang siang tetapi sebentar-sebentar terbangun.

Namun, seiring bertambahnya usia, ia akan belajar tidur dalam durasi yanbg lebih panjang. Anda tinggal menciptakan suasana nyaman untuk tidur, misalnya dengan meredupkan dan menyejukkan kamarnya serta mengurangi suara.

Si Ayam jantan

Kebalkan dari si kelelawar, ia justru tertidur ketika matahari mulai terbenam dan bangun terlalu dini di pagi hari. Anda bisa mengikut pola tidurnya. Dengan begitu, Anda memiliki waktu bersama lebih panjang di pagi hari sebelum memulau aktivitas rutin.

Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai poka tidurnya, Anda bisa mengubahnya denga beberapa trik, diantaranya memperlambat waktu tidurnya di malam hari.


sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About