Ini 8 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik Saat Ulang Tahun



Hari ulang tahun atau bertambahnya umur seringkali digunakan untuk merefleksi atas apa yang telah dicapai atau apa saja yang dialami dan dilakukan di satu tahun sebelumnya.

Begitu juga yang dilakukan Amy Chan, seorang kolumnis hubungan. Di setiap pertambahan umurnya, ia selalu kembali mengingat perjalanan hidupnya yang sebelumnya hingga di tahun usianya bertambah.

"Ketika saya melihat kembali pada seberapa cepat waktu berlalu, saya kagum pada berapa banyak yang berubah dalam hitungan tahun," katanya seperti dilansir dari huffpost.

Amy pun bersedia berbagi beberapa hal yang dipelajari setiap hari ulang tahun.

1. Perbedaan antara orang-orang bahagia dan orang-orang yang tidak bahagia adalah tingkat syukurnya.

Jika Anda mengamati mereka yang kurang beruntung Anda akan melihat mereka tidak pernah puas dan terus-menerus menyalahkan takdir, keberuntungan atau orang lain. Sebaliknya jika Anda mengamati orang bahagia, mereka penuh rasa syukur.

Alih-alih memikirkan apa yang mereka tidak capai - mereka memilih fokus pada solusi menciptakan kehidupan yang mereka inginkan. Bahkan ketika orang-orang ini dihadapkan oleh peristiwa buruk, kesedihan, frustrasi, stres, kemarahan - mereka kembali ke dasar kebahagiaan mereka pada waktunya.

Studi menunjukkan bahwa Anda benar-benar dapat mengendalikan otak Anda untuk kebahagiaan dengan mempraktekkan rasa syukur setiap hari. Syukur adalah sebuah pilihan. Kebahagiaan adalah sikap. Bagaimana Anda akan menjalani hari-hari Anda adalah pilihan yang benar-benar dalam kendali Anda.

2. Adakalanya hati Anda terluka tapi nyatanya Anda masih bisa bertahan

Intensitas luka bisa sama kuat, atau bahkan lebih dengan setiap hubungan yang datang dan pergi. Saya telah belajar bahwa kita memiliki semangat yang bahkan bisa menyembuhkan setiap luka hati dan mendapatkan kembali hati yang utuh.

Ketika Anda merasakan sakit hati memang sulit dibayangkan menjadi bahagia lagi. Tapi tak seorang pun dapat mengambil dasar sukacita dan kebahagiaan dalam diri. Bahkan ketika Anda terlempar jauh dari kaki Anda, pada akhirnya Anda akan bisa menemukan keseimbangan.

Ingatlah Anda akan jatuh cinta lagi dan Anda akan dicintai lagi.

3. Anda akan kehilangan pekerjaan Anda, tapi akhirnya Anda menemukan yang lebih cocok.

Memang tidak menyenangkan dan bisa melelahkan dengan ketidakpastian yang berkaitan dengan pekerjaan dan usaha Anda, Anda mungkin harus beberapa kali kehilangan pekerjaan.

Tapi bukankah itu selalu bermuara pada beberapa hal yang memang terbaik dalam hidup Anda. Ini selalu memberi ruang untuk peluang baru.

4. Orang yang Anda cintai akan menyakiti Anda dan mengecewakan Anda. Cobalah untuk melihat tidak melulu sebagai kesalahan mereka dan memahami niat mereka.

Aku beberapa kali terlibat dalam persahabatan yang samar-samar, hitam dan putih. Dan jika seorang teman menyakiti saya atau tidak sesuai dengan nilai-nilai yang saya lakukan, saya akan menyudahi persahabatan. Tapi aku sudah belajar bahwa kita berhak bertindak sedikit egois, lupa untuk mempertimbangkan orang-orang yang kita cintai. Dan tidak apa-apa.

Terkadang persahabatan hanya perlu waktu untuk bernapas sebelum dapat mengalir lagi.

5. Sifat seseorang tidak berubah.

Pandangan, penampilan dan posisi kita terus-menerus dapat berubah. Tapi sifat inti kita tidak akan berubah.

Jika Anda ingin benar-benar melihat masa lalu seseorang, pesona dan kharisma dan bahkan kesalahannya, Anda akan menemukan esensi mereka, karena sifat seseorang tidak akan berubah.

6. Jadilah selektif terhadap siapa Anda berbagi hati dan tubuh Anda.

Ingat, hanya karena hubungan yang sedang dijalani terasa baik saat ini, tidak berarti itu keputusan yang sehat untuk masa depan Anda. Selalu ajukan pertanyaan yang tepat sehingga Anda tidak terus membuat kesalahan yang sama. Apa jenis hubungan yang Anda inginkan dalam hidup Anda?

7. Tubuh Anda tak terkalahkan.

Sayangnya banyak dari kita menunggu sampai ini menimbulkan sakit dan baru bereaksi untuk memperbaikinya, bukannya proaktif untuk menghindarinya.

Sistem kekebalan tubuh Anda sangat penting untuk mengidentifikasi dan menghancurkan sel-sel asing dan berpotensi kanker. Stres, tidak makan, makan makanan yang tidak sehat - ini semua bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Jaga tubuh Anda, jika Anda mengabaikannya setidaknya pikirkan bagaimana perasaan orang-orang yang mencintai Anda ketika Anda menderita suatu penyakit.

8. Ketika tidak bekerja dengan seseorang di masa sekarang, itu karena dimaksudkan untuk bekerja dengan orang lain di masa depan.

Mungkin anda akan kecewa jika sesuatu tidak berjalan dengan yang kita rencanakan dengan yang kita inginkan, namun memiliki iman bahwa selalu ada rencana yang lebih besar dan lebih baik telah disiapkan untuk Anda.


sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About