Inilah Cara Agar Bebas Stress Saat Bekerja



Stres bisa dialami setiap orang dan terjadi di mana saja, termasuk di kantor. Jika mengalami stres, Anda segera cari solusinya.

Saat kita merasa stres ketika bekerja, pekerjaan kita akan terbengkalai, atau jika tetap bekerja, pekerjaan itu tidak akan maksimal. Ketika kita berada di bawah tekanan stres, kita akan cenderung menghindari tugas berat dalam pekerjaan dan tak menghasilkan karya maksimal.

Dilansir Reader’s Digest, berikut beberapa cara jitu yang bisa dilakukan saat stres datang menimpa Anda di tempat kerja.

Pisahkan masalah pribadi dan pekerjaan

Memikirkan masalah pribadi bisa terbawa hingga ke tempat kerja. Hal ini dapat menjadi sumber stres yang akan sangat mengganggu hari-hari Anda di tengah tugas kantor yang menumpuk.

Oleh karena itu, selesaikan masalah di rumah sesegera mungkin sebelum Anda harus berangkat ke kantor. Hati lapang yang Anda bawa dari rumah akan mempengaruhi hari-hari sibuk Anda di tempat kerja sekaligus mencegah stres datang.

Coba datang lebih awal

Sesekali, datanglah 30 menit atau satu jam lebih awal ke kantor. Langkah ini akan member Anda dua keuntungan. Yang pertama, Anda bisa menikmati perjalanan Anda tanpa harus buru-buru karena takut terlambat.

Yang kedua, Anda memiliki waktu lebih banyak di kantor untuk menyapa rekan kerja, menikmati pemandangan di kantor yang mungkin selama ini Anda lewatkan, juga waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan yang menanti Anda.

Dengarkan lagu-lagu romantis

Saat stres, Anda bisa memutar lagu-lagu dengan nada mendamaikan (bukan yang menghentak-hentak), lagu favorit Anda. Alunan musik klasik pun bisa menjadi pilihan untuk mengusir stres.

Meditasi

Jika stres menguasai Anda, meditasi bisa menjadi alternatif manjur. Tinggalkan meja kerja Anda menuju tempat yang sepi seperti tempat istirahat atau mushola.

Lakukan meditasi sederhana untuk menetralkan pikiran dan mendapatkan energi positif, seperti melakukan pengaturan nafas. Misalnya, Anda bisa meditasi dengan mengambil nafas dalam-dalam melalui hidung, kemudian lepaskan pelan-pelan melalui mulut. Lakukan selama beberapa saat hingga perasaan Anda tenang kembali.

Telepon orang tercinta

Hentikan pekerjaan sejenak dan ambil telepon genggam Anda untuk menghubungi orang-orang terdekat Anda suami atau istri, anak-anak, orangtua, atau sahabat. Mengobrol walaupun sebentar dengan orang-orang yang kita cintai bisa medatangkan energi luar biasa yang cukup untuk mengenyahkan stres saat bekerja.

Makan cokelat

Untuk mengatasi rasa stres yang bisa datang sewaktu-waktu, Anda bisa menyiapkan sekotak coklat atau makanan favorit lainnya di laci meja Anda, sehingga Anda bisa mengambi,mengunyahnya saat stres mulai menghampiri hari kerja Anda.


sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About