Inilah Citrarasa Teh dari Berbagai Negara



Teh telah menjadi minuman yang terkenal hingga seantero dunia dengan berbagai variasi mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih, dan lainnya.

Bagi pengemar teh yang sedang berada di luar negeri, Anda tidak perlu cemas. Pasalnya, ada beberapa negara yang menghadirkan kejutan citrarasa teh yang tiada duanya. Seperti apa?

Jepang

Negeri Matahari Terbit ini tak hanya terkenal dengan makanan sushi-nya saja, Negeri ini juga terkenal dengan Matcha Tea. Teh jenis ini tumbuh perlahan di tempat yang tidak terkena matahari langsung, sehingga daunnya memiliki warna hijau mencolok.

Daun-daun ini lalu diproses dengan tangan, menghasilkan bubuk Matcha Tea yang nilai jualnya cukup tinggi.

China

Di negara inilah awal minuman teh dikenal, dan hingga saat ini negara China masih menjadi pengekspor teh terbesar di dunia. Di China perkebunan teh tersebar hingga pelosok-pelosok desa, dengan teh hijau yang menjadi varietas unggulan.

Teh yang terkenal asal Negeri Tirai Bambu ini adalah teh bunga. Teh ini merupakan campuran antara teh hijau dengan kuncup bunga dari beberapa jenis.
Dengan campuran berbagai jenis bunga inilah yang memberikan aroma yang khas pada teh ini sehingga menambah rasa nikmat.

India

Di India ini minuman teh lebih dikenal dengan nama Masala Chai. Pada umumnya, Masala Chai terdiri dari teh hitam pekat yang dicampur susu. Sebelumnya susu terlebih dahulu dididihkan dengan kayu manis, kapulaga, cengkeh, jahe, lada hitam, serta beberapa rempah lainnya.

Selanjutnya barulah campuran susu dengan berbagai rempah-rempah tersebut dicampur menjadi satu dengan teh.
Masala Chai bisa ditemukan di sepanjang jalanan Mumbai, namun Mumbai Tea Centre adalah tempat yang paling direkomendasikan untuk menikmati minuman ini.

Rusia

Negeri 'Beruang Merah' ini tak hanya terkenal dengan minuman Vodka-nya saja. Di negeri ini minuman teh juga menjadi minuman khas. Adalah Samovars, teko oval dari logam yang biasa digunakan untuk memasak daun teh.

Teko ini diisi teh hitam yang diberi berbagai aroma, mulai dari buah hingga herbal. Di negara bekas Uni Soviet ini Anda juga bisa mencoba ritual teh ini di Perlov Tea House, Moskow.

Inggris
Di Inggris minuman teh dengan unsur teh hitam yang dicampur dengan susu, gula, atau lemon disebut Teh Devonshire. Minuman ini biasanya dinikmati dengan ditemani oleh Scones, sejenis roti khas Inggris yang diberi krim atau selai buah. 



SUMBER: INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About