Inilah Pantangan Saat Berolahraga



Olahraga seharusnya membuat tubuh lebih bugar dan jangka panjangnya lebih sehat. Tapi bagaimana kalau setiap habis olahraga Anda merasakan ada yang salah atau sakit pada beberapa bagian tubuh?
Patut dicurigai ada beberapa gerakan atau gaya yang seharusnya tidak atau salah dilakukan ketika olahraga dilakukan. Karena seperti dilansir dari time of india, setidaknya ada enam postur atau gaya yang harus dihindari saat berolahraga.
Berhenti menyentak
Hentikan menyentak berattubuh Anda, itu hanya akan menyebabkan cedera dan tidak akan berpengaruh pada otot. Latihan beban yang halus akan membuat mendapatkan otot-otot yang sangat dibutuhkan.
Sebaliknya jika terlalu keras memberlakukan tubuh, ini hanya akan membuat lebih mudah cedera seperti nyeri sendi, otot tertarik, bahkan patah tulang.

Gerakan cepat:
Serat otot memerlukan gerakan lambat namun halus untuk membangun ukuran dan kekuatan. Jika Anda latihan dengan sangat cepat, semua serat tidak bisa bekerja. Luangkan waktu dan melakukan latihan tepat.

Nyeri pada leher
Jangan tempatkan tangan di leher saat tengah menarik leher ke depan. Hal ini akan menyebabkan sakit leher yang parah. Sebaliknya, tempatkan tangan Anda di dada atau di sisi. Jika terbiasa untuk menempatkan tangan di belakang kepala, gunakannya hanya sebagai penanda.
Jangan memaksa kepala Anda ke depan dalam rangka mengimbangi atau memulai gerakan berderak.

Jongkok tepat
Keseimbangan dan keselarasan tubuh adalah penting. Jangan membungkuk terlalu ke depan atau turun di bawah tingkat lutut. Ketika jongkok, lengkungan punggung, dan perut harus ketat, kepala dan tubuh Anda harus berada dalam keselarasan.
Gerak lengkap
Ketika latihan beban bahkan jika Anda melakukan latihan yang mudah, tetap buat sedikit catatan untuk melakukan gerakan dengan lengkap. Ada dua manfaat: sendi lebih banyak bergerak, tapi lebih penting otot memiliki dorongan kekuatan ketika benar-benar melakukannya.
Luruskan punggung Anda
Jika Anda melengkungkan punggung, kemungkinan Anda akan terkena risiko hernia. Juga jaga kepala dalam posisi netral, tidak naik atau turun.



SUMBER: INILAH.com

1 comments:

  1. Salam kenal,,,
    Artikelnya menarik nih.. kalau boleh tau nih... apakah olahraga senam juga juga memerlukan tips di atas? dan apakah ada baju senam khusus yang harus digunakan?
    Thanks & sukses selalu :)

    ReplyDelete

 

Blogger news

Blogroll

About