Inilah Solusi Rambut Lepek & Berminyak



Anda memiliki rambut dengan jenis berminyak dan selalu mengalami kesulitan dalam merawat dan mengaturnya?

Sejumlah tips berikut mungkin bisa membantu Anda untuk merawat rambut berminyak Anda.

Mengapa disebut rambut berminyak?

Rambut jenis ini berbeda dengan rambut normal maupun jenis rambut kering. Tampilannya selalu mengkilap dan basah meski sudah dicuci pada hari sebelumnya.

Apa penyebabnya?

Disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebasea pada kulit kepala yang bisa dipengaruhi oleh makanan seperti asupan karbohidrat dan lemak. Semakin sedikit karbohidrat dan lemak yang masuk ke tubuh Anda akan semakin sedikit minyak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit kepala itu.

Hormon tubuh juga penting. Hormon seksual pada wanita dan pria yang muncul karena penggunaan alat kontrasepsi misalnya dapat mengkatifkan kelenjar sebasea ini.

Bagaimana merawat rambut berminyak?

Dulu ada anggapan bahwa rambut berminyak jangan terlalu sering dicuci agar tidak mengiritasi kelenjar sebasea itu. Namun ternyata itu adalah mitos, pakar perawatan rambut justru menyarankan agar mencuci rambut ketika rambut kotor yang artinya setiap hari bagi pemilik rambut berminyak.

Bagaimana mencuci rambut berminyak dengan benar?

Rambut tidak harus dicuci dengan air yang terlalu panas. Suhu yang optimal yaitu 40-45 derajat celcius. Pilih shampo khusus dan banyak mengandung herbal.

Rambut berminyak dikeramas dua kali dengan masing-masing selama 3-5 menit agar shampo bisa membersihkan lemak. Pijat-pijat kulit kepala untuk memperkuat kinerja kelenjar sebacea dan produksi minyak yang baru.

Jangan gunakan kondisioner atau pelembab rambut lainnya, karena hanya akan memperburuk kondisi rambut. Jika memiliki type rambut campuran yaitu kering di rambut dan berminyak diakar rambut makan kondisioner hanya digunakan pada ujung rambut, tidak sampai akarnya.

Bagaimana mengeringkan minyak berminyak?

Yang paling baik memang membiarkan rambut mengering dengan sendirinya, lebih alami. Tapi kesibukan di pagi hari terkadang mengeringkan dengan hairdryer adalah pilihan utama.

Namun udara panas dari pengering rambut adalah stimulus yang kuar untuk kelenjar sebasea. Jadi sebaiknya tidak terlalu panas, hangat lebih baik.

Saat mengeringkan, gunakan sikat lembut untuk mengangkat rambut hingga kena kulit kepala atau akarnya , ini untuk membuat rambut Anda lebih mengembang. Atau keringkan rambut dalam arah yang berlawanan dari pertumbuhan rambut seperti membungkuk dan rambut Anda menggantung ke bawah.

Bagaimana menata rambut berminyak?

pemilik rambut berminyak membutuhkan waktu berjam-jam untuk menata rambut mereka. Alasannya adalah minyak membuat rambut sulit ditata. Penggunaan busa atau gel rambut tampaknya tidak bekerja.

Penata rambut menyarankan menggunakan sarana yang kuat untuk menata rambut. Seperti gunakan semprotan anti-greas sebelum ditata, kemudian gunakan alat konvesional untuk pemodelan rambut.

Potongan rambut tertentu mencegah rambut berminyak

Pemilik rambut berminyak harus berhati-hati memiliha gaya potongan rambut, karena satu helai rambut saja bisa terlihat lengket. Pilih potongan yang membuat rambut Anda terlihat berisi atau mengembang.


sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About