Otak Perempuan Lebih Kecil, Bekerja Lebih Efisien


Wanita memang memiliki ukuran otak lebih kecil ketimbang laki-laki. Tapi nyatanya ini bekerja lebih efisien.
Seperti dikutip dari geniusbeauty.com, penelitian yang dilakukan oleh Universitas California menunjukkan meski berukuran lebih kecil, otalk mlik perempuan ini bekerja lebih baik ketimbang milik laki-laki.
Wanita gunakan otak mereka lebih efisien
Otal wanita bekerja lebih efisien dan dengan lebih sedikit energi daripada laki-laki. Menggunakan lebih sedikit sel-sel pada otak, nyatanya hasil yang diperoleh sama atau bahkan lebih baik dari yang dilakukan pria.
Pria memiliki neuron lebih banyak di otak
Pria memiliki jumlah neuron - yaitu yang bertanggungjawab atas aktivitas mental - lebih banyak dari pada yang dimiliki wanita.
Namun nyatanya pria lebih banyak memiliki koneksi dia ntara mereka sehingga membuatnya lebih mudah berpikir.
Ukuran hipokampus
Hipokampus yaitu komponen utama dari otak manusia yang memainkan peran penting dalam memori jangka panjang dan navigasi spasial, Pria memang memiliki ukuran hipokampus lebih besar yang terkait dengan tingkat kecerdasan lebih tinggi.
Namun meski ukuran hipokampus wanita lebih kecil, nyatanya ini memiliki aktivitas otak yang lebih aktif.
Tes Psikologi
Tes psikologi yang dilakukan terhadap 59 wanita dan 45 pria berusia 18-27 tahun, menunjukkan, perempuan memiliki penalaran induktif lebih baik dan mengikuti perubahan situasi, sedangkan laki-laki menunjukkan kapasitas yang lebih besar untuk berpikir spasial. Pada saat yang sama, aktivitas otak perempuan lebih efektif.



sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About