Rahasia di Balik Kelezatan Cokelat Hitam



Cokelat menjadi salah satu kudapan paling disenangi berbagai kalangan. Pasalnya, selain lezat, cokelat banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular sebesar 37% lebih rendah dari yang tidak atau mengonsumsi sedikit cokelat. Dan 29% lebih rendah risiko mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi cokelat lebih sedikit.

Meskipun dianjurkan oleh para ahli untuk mengonsumsi cokelat dalam jumlah wajar (karena cokelat mengandung kalori tinggi), tak dapat disangkal bahwa cokelat juga memberikan manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya.
Selain itu, berbagai penelitian juga mengungkapkan bahwa cokelat hitam memiliki antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Nah, seperti dikutip Cosmopolitan, berikut rahasia lain di balik kenikmatan cokelat hitam.

Memacu performa saat olahraga

Tahukah Anda kalau kombinasi konsumsi dark chocolate dan olahraga rutin dapat menaikkan performa Anda hingga 50%? Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Physiologyditemukan bahwa cokelat hitam memiliki kandungan epicatechin dalam jumlah besar.

Kandungan epicatechin tersebut dapat menstimulasi pertumbuhan otot dengan lebih baik dan memacu semangat Anda, sehingga menjadi salah satu energy booster paling ideal saat berolahraga.

Turunkan stres

Jika Anda ingin mengurangi stres, coba santap sekitar 40 gram cokelat hitam per hari selama dua minggu berturut-turut.
Seperti dipublikasikan dalam situs Journal of Proteome Research (ACS Publication), cokelat hitam mampu memperbaiki ketidakseimbangan zat biokimia yang terkait erat dengan hormon stres.

Studi ini mengidentifikasi pengurangan hormon stres setelah para volunteer mengonsumsi cokelat selama dua pekan.

Memejamkan pandangan mata

Merasa mata mudah lelah setelah melakukan DVD marathon? Tenang saja, karena menurut penelitian di University of Reading, Inggris, mengonsumsi cokelat hitam bisa mengembalikan ketajaman pandangan mata.

Sebabnya? Kandungan flavanol berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke retina. Khasiatnya bahkan dipercaya lebih baik dibandingkan wortel!

Tingkatkan gairah seks

Ingin mendapatkan sensasi seks yang lebih spektakuler bersama pasangan? Dark chocolate bisa menjadi aphrodisiac yang tepat untuk Anda dan pasangan.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam dengan kandungan 70% cocoa mampu meningkatkan tingkat dopamin hormon yang memunculkan rasa senang dalam tubuh secara signifikan
Ditambah lagi kandungan bioflavonoid yang ampuh melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk area genital. 



SUMBER:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About