Ibu Hamil Sebaiknya Makan Kacang



Ibu yang tengah hamil disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi kacang tanah. Ini menurunkan risiko alergi bayi mereka kelak.

Anak yang alergi kacang tanah cenderung lebih berisiko memiliki gangguan pernafasan, jika mereka makan atau kontak dengan kacang. Masalah lainnya yang lebih parah yaitu berisiko syok anafilaksis yang mengancam jiwa.

Dulu calon ibu disarankan untuk menghindari kacang jika mereka memiliki riwayat alergi seperti eksim atau asma. Agar si anak tidak mengalami hal yang sama.

Namun dalam penelitian terbaru terhadap data 8.205 anak, dokter bisa menyarankan agar sebaiknya ketika hamil ibu mengkonsumsi kacang-kacangan, khususnya kacang tanah.

Sebanyak 308 anak memiliki alergi makanan. Dari jumlah itu sebanyak 140 alergi terhadap kacang pohon seperti kacang almond, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, dan pistachio.

Penelitian menemukan, anak yang ibunya mengkonsumsi kacang tanah atau jenis kacang-kacangan lainnya lima kali dalam seminggu atau lebih, memiliki risiko terendah terkena alergi.

"Studi kami mendukung hipotesis bahwa paparan alergen dini meningkatkan kemungkinan toleransi dan dengan demikian menurunkan risiko alergi makanan pada anak," kata pemimpin studi Dr Lindsay Frazier dari Dana-Farber Children’s Cancer Center di Boston, seperti dilansir dari dailymail, Selasa (24/12/2013).

Sementara Dr Ruchi Gupta dari Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago mengatakan, perempuan hamil tidak harus membatasi pola makan mereka selama kehamilan.

"Wanita hamil tidak harus menghilangkan kacang dari diet mereka. Kacang merupakan sumber protein yang baik dan juga menyediakan asam folat, yang dapat berpotensi mencegah cacat tabung saraf dan sensitisasi kacang," katanya.

sumber :inilah.com


0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About