Sesuaikan Olahraga dengan Usia & Kondisi Kesehatan


Olahraga membantu tubuh menjadi lebih fit sehingga daya tahan terhadap penyakit pun lebih baik. Tapi berolahraga yang tidak sesuai usia dan status kesehatan bisa berakibat sebaliknya.

Dokter Ermita I Ilyas, Ms, AIFO mengatakan, olahraga harus memperhatikan usia dan status kesehatan, apalagi jika seseorang itu sudah memiliki riwayat sakit tertentu. Salah-salah memilih olahraga bukan sehat tapi memperburuk kondisi.

Dokter dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran UI juga menjelaskan, asal dilakukan dengan tepat dan benar, olahraga juga membantu mencegah penyakit degeneratif.

"Asal dilakukan dengan tepat dan benar, olahraga akan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Yaitu meningkatkan daya tahan jantung-pernafasan, menurunkan berat badan, mengurangi lemak tubuh,mengurangi risiko terkena penyakit, memberikan rasa bahagia, mengurangi stres dan meningkatkan sistem imunitas tubuh," katanya di Jakarta, Sabtu (22/2/2014).

Olahraga yang baik, lanjutnya, adalah sesuai prinsip atau acuan dalam berolahraga, yaitu FIDT.

Ermita menjelaskan, olahraga apa yang sesuai dengan usia dan status kesehatan seseorang dengan memperhatikan FIDT. untuk selengkapnya klik olahraga sesuai dengan usia 



sumber : Inilah.com



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About