Cara Mengecek Penglihatan Bayi Anda


Setiap orang tua tentu ingin memiliki bayi sehat dan normal, baik fisik maupun mental. Termasuk penglihatan.

Memiliki bentuk mata sempurna dan indah adalah kebanggaan. Tapi yang terpenting adalah bagaimana fungsi dan kemampuan penglihatannya.

Karenanya Anda perlu untuk memeriksa beberapa tanda apakah penghilatan si kecil baik atau memiliki masalah. Karena deteksi dini dapat membantu mendapatkan pengobatan yang cepat.

Mengutip boldsky, Senin (24/2/2014) berikut fakta tentang penglihatan bayi yang harus Anda ketahui.

Memperlihatkan cahaya

Hal pertama yang bayi Anda mulai lihat adalah cahaya, pastikan apakah ia terlihat memandang ke satu arah cahaya, misalnya lampu di dalam ruangan.

Anda juga bisa menarik perhatian bayi dengan lampu yang warna-warni dan perhatikan apakah ia memperhatikan warna tersebut.

Warna-warna cerah

Warna cerah dan warna-warni akan menarik perhatian Anak Anda. Misalnya dengan mainan yang berwarna-warni, jika ia menunjukkan minat pada warna artinya ia memiliki penglihatan yang baik.

Memindahkan pandangan

Memindahkan pandangan secara refleks bayi juga penting untuk memeriksa apakah ia memiliki penglihatan yang baik.

Cobalah pindahkan sumber cahaya atau warna dari satu sisi pandangan ke sisi pandangan lainnya. Jika ia secara refleks mengikuti arah benda maka penglihatannya normal.

Mengenali wajah

Bayi memiliki kemampuan mengenali wajah ketika ia berusia enam sampai sembilan bulan. Saat itu ia mulai mengenali wajah Anda sebagai orang tuanya. Jika bayi Anda menangis ketika Anda pergi meninggalkannya, itu pertanda baik.

Bereaksi terhadap suara

Suara juga bisa menjadi pertanda apakah penglihatan bayi baik atau ada gangguan.

Apakah ketika Anda membuat suara, wajahnya akan segera berpaling mencari sumber suara, jika iya, berarti ia memiliki pendengarannya yang baik sehingga otaknya memberi perintah agar ia mencari sumber suara tersebut.

Ini menegaskan dua hal, pertama, bayi dapat mendengar suara dengan sempurna, kedua bayi Anda sedang berusaha mencari sumber suara.

Tes visi

Akhirnya jika Anda perlu untuk mendapatkan bukti yang tegas dan jelas, Anda perlu melakukan tes penglihatan.

Tes penglihatan bisa memberikan bukti yang lebih tegas apakah ada gangguan atau tidak terhadap penglihatan dan tentunya ini bisa cepat memperbaiki jika ada masalah.



sumber : inilah.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About