Menggigil Bisa Menguruskan Badan


Penelitian baru menunjukkan, menggigil karena dingin sama efektifnya seperti latihan fisik untuk membuat tubuh kita langsing.

Baik menggigil ataupun latihan, tubuh sama-sama memproduksi hormon yang merangsang pembakaran kalori 'lemak coklat' dalam tubuh.

Peneliti melibatkan sejumlah relawan dengan menempatkan mereka dalam ruangan yang suhunya turun sekitar 15 celcius, mereka kemudia mulai menggigil.

"Kami mengidentifikasi dua hormon yang dipicu oleh dingin yaitu irisin dan FGF21 yang dilepaskan dari masing-masing otot dan lemak coklat yang menggigil," kata pemimpin studi Dr Paul Lee dari University of Sydney di Australia.

Hormon-hormon tersebut memacu energi pembakaran terhadap sel lemak coklat dalam tubuh dan sel-sel lemak mulai memancarkan panas. Itu merupakan ciri dari fungsi lemak coklat.

Peneliti menemukan, kenaikan tersebut sama seperti ketika olahraga rata-rata sejam. Di laboratorium, irisin dan FGF21 bersama-sama mengubah sel lemak putih menjadi sel-sel lemak coklat selama enam hari.

"Semangat di bidang lemak coklat telah meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir karena sifat energi pembakaran yang membuatnya menjadi target terapi yang potensial melawan obesitas dan diabetes," kata Dr Lee seperti melansir dailymail, Rabu (05/02/2014).

Transformasi lemak putih menjadi lemak coklat dapat melindungi hewan terhadap diabetes, obesitas dan lemak hati. Kadar glukosa lebih rendah pada manusia dengan lebih banyak lemak coklat.

Temuan rilis untuk edisi terbaru dari jurnal Cell Metabolism.



sumber : inilah.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About