Banyak 'Ngopi' Mengurangi Risiko Terkena Diabetes




INILAHCOM. Boston -- Mulai sekarang, jangan lagi memandang sinis orang yang banyak minum kopi. Sebuah penelitian membuktikan minum kopi tiga kali sehari mengurangi risiko terkena diabetes.

Menganalisis 120 ribu peminum kopi selama beberapa tahun, Harvard University School of Public Health menemukan mereka yang mengkonsumsi kopi lebih dari secangkir setiap hari selama empat tahun memiliki peluang terhindar dari diabetes 11 persen.

Mereka yang mengkonsumsi kopi lebih konsisten, dengan tiga kali sehari, memiliki risiko terhindar dari diabetes sampai 37 persen.

Studi terbaru ini menunjukan kemungkinan adanya korelasi antara kopi dan risiko terkena diabetes. Namun diperlukan uji klinis untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Peneliti di Inggris mengatakan sampai saat ini masih belum jelas apakah kopi bertanggung jawab langsung atas nilai risiko lebih rendah, seperti diperlihatkan penelitian ini.

Dr Shilpa Bhupathiraju, yang ikut memimpin penelitian ini, tetap percaya bahwa olahraga dan menjaga pola makan yang sehat adalah cara terbaik mengurangi risiko diabetes tipe dua.

"Kopi memiliki banyak senyawa bioaktif, termasuk asam chlorogenic, yang kita tahu bisa meningkatkan metabolisme glukosa saat diuji pada hewan," ujar Bhupathiraju.

Namun, masih menurut Bhupathiraju, kopi juga kaya magnesium, yang diketahui terkait dengan rendahnya risiko diabetes tipe dua. "Jadi, secara biologis, kesimpulan penelitian cukup masuk akal," ujarnya.



Sumber : inilah.com



0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About