Mau Tetap Cantik Saat Hamil? Ini Kiatnya




INILAHCOM, Jakarta- Kalau ibunya rajin dandan dan berseri-seri artinya calon bayinya perempuan, tapi kalau cuek dan kusam artinya bayinya laki-laki. Ingat, hingga sekarang ini cuma mitos.

Penampilan ibu selama kehamilan tidak sama sekali ada kaitannya dengan jenis kelamin bayi yang ia kandung. Kebiasaan ibu menurut dokter spesialis kebidangan dan kandungan, Iswan Syarif, SpOG (K) akan tetap terbawa saat ia hamil.

"Ini lebih karena habit (kebiasaan) si ibu ya, Jadi kalau ibunya memang dasarnya suka dandan, suka mempercantik diri maka saat hamil pun ia akan tetap melakukan kebiasannya," kata dia di acara talk show Cantik Saat Hamil di peluncuran kosmetik herbal LH Care and Beauty di Jakarta, akhir pekan.

Sebaliknya, lanjut dokter Iswan, kalau si ibu dasarnya tidak suka dandan dan masa bodo, maka ketika hamil pun ini tidak merubah kebiasannya. "Jadi anggapan ini terkait jenis kelamin bayi, hingga kini cuma mitos. Istri saya tetap suka dandan, ketika lahir anaknya laki-laki," terang dia berseloroh.

Dokter Iswan menjelaskan, salah satu perubahan fisik yang terjadi pada ibu hamil yaitu perubahan kulit terutama kulit wajah. Ada yang wajahnya berseri-seri dan terlihat lebih bersinar atau cerah, ini karena aktifnya peredaran darah di bawah kulit sehingga membuat pipi terlihat merona kemerahan.

Sebaliknya, ada juga yang mengalami masalah dengan kulit wajah seperti jerawat dan flek pada wajah. Dua faktor utama penyebabnya adalah hormon androgen dan kandungan cairan dalam tubuh.

"Meningkatnya hormon androgen juga meningkatkan produksi hormon progesteron selama kehamilan, kelenjar minyak lebih besar, menyebabkan meningkat juga produksi keringat atau biasa disebut sebum," terang dokter yang sehari-hari berpraktek di RSUD Provinsi Banten tersebut.

Keringat yang berlebihan, termasuk dengan sel kulit mati yang terkelupas menyebabkan sumbatan di pori-pori kulit, ini yang bisa memudahkan bakteri penyebab jerawat berkembang biak dengan cepat hingga, jika si ibu tadi tidak memiliki kebiasaan memperhatikan kebersihan kulit wajah. Hingga akhirnya menyebabkan peradangan pada jerawat.

Selain jerawat, ketika hamil juga timbul flek atau disebut juga topeng kehamilan, penyebabnya adalah pengaruh hormonal. Ini yang sering kita temukan pada ibu hamil ada daerah yang menghitam seperti dahi, hidung, pipi atau leher, daerah sering terpapar sinar matahari. see more

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About