Tertawalah Agar Anda Tidak Menjadi Pelupa


INILAHCOM. California -- Di era Orde Baru, Trio DKI (Dono, Kasino, Indro) punya ungkapan; 'tertawalah sebelum tertawa itu dilarang' untuk 'ngeledek' penguasa. Kini di AS, sejumlah pakar mengatakan; "Tertawalah agar Anda tidak menjadi pelupa."

Sejumlah peneliti dari Universitas Loma Linda, California, menemukan bukti tertawa membuat seseorang -- terutama mereka yang beranjak tua -- mampu mengingat sesuatu dengan baik. Sedangkan stress, masih menurut peneliti seperti dilaporkan ABC News, memiliki efek negatif bagi daya ingat.

Tidak mudah mengambil kesimpulan ini. Peneliti meminta 20 orang dewasa yang sehat untuk menonton video lucu selama 20 menit. Pada saat sama, kelompok lain duduk di sebuah ruang tanpa menonton film.

Setelah itu, kedua kelompok melakukan tes memori. Peneliti juga mengambil sampel air liur kedua kelompok untuk pengujian hormon stres kortisol.

Hasil pengujian memori menunjukan orang-orang yang menonton video lucu memiliki ingatan jangka pendek jauh lebih baik, dibanding mereka yang tidak tertawa. Tingkat kortisol dalam air liur orang yang tertawa juga jauh lebih rendah.

"Tertawa dengan teman, atau menonton video lucu, membantu saya mengatasi stres sehari-hari," ujar Gurinder Bains, penulis penelitian itu.

Dia juga menambahkan orang-orang yang jarang stres cenderung memiliki ingatan lebih baik. Karena, kata Bains, tertawa meningkatkan endorfin dalam tubuh dan mengirim dopamin ke otak, serta memberikan rasa bahagia.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About