Diet Tinggi Lemak, Perempuan Bisa Kanker Payudara




INILAHCOM, Los Angeles - Hati-hati, diet tinggi lemak seperti diet Atkins atau LCHF ternyata meningkatkan risiko perempuan terkena kanker payudara. Sungguh?

Mengutip dailymail, Kamis (10/04/2014), meningkatnya lemak jenuh di dalam makanan dan mengkonsumsi produk lemak bisa meningkatkan risiko kanker payudara hormon-sensitif sebesar 28 persen. Demikian hasil penelitian terbaru.

Tak hanya itu, diet lemak juga membuat seorang perempuan mengidap kanker payudara, dengan tanda rusaknya gen HER2.

Sebagian besar kanker payudara akibat dorongan hormon estrogen pada perempuan. Jumlah tersebut sebagian besar juga sensitif terhadap hormon progesteron.

Sejauh ini, ilmuwan yang mempelajari data pada 10.000 pasien menemukan hubungan antara konsumsi lemak dan kanker payudara pada perempuan. Hubungan sama tidak terlihat pada perempuan dengan kanker yang tak memiliki hormon sensitif atau HER2 positif.

Temuan penelitian kanker payudara Epic tersebut melibatkan lebih dari 300.000 perempuan di 10 negara Eropa, yang rilis di Journal Of The National Cancer Institute.

"Hasil penelitian prospektif pada populasi heterogen besar perempuan Eropa menunjukkan, diet tinggi lemak meningkatkan risiko kanker payudara," kata para peneliti dengan pimpinan dokter Sabina Sieri dari National Institute Tumor di Milan, Italia.

"Yang paling mencolok, asupan tinggi lemak jenuh meningkatkan risiko penyakit reseptor positif yang menunjukkan keterlibatan lemak jenuh sebagai penyebab kanker payudara reseptor positif," terang hasil penelitian.

Diet tinggi lemak sebelumnya karena mendatangkan risiko kanker akibat mengganti karbohidrat dengan protein hewani tinggi lemak.



Sumber : inilah.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About