Wanita Merokok Berisiko 30% Kanker Payudara




INILAH.COM, Jakarta -Wanita yang merokok setidaknya 100 batang sepanjang hidup mereka memiliki kemungkinan 30% terkena kanker payudara.

Penelitian oleh Fred Hutchinson Cancer Research Centre di Seattle juga mengungkapkan, perempuan berusia 20-44 tyang telah merokok satu pak sehari, setidaknya 10 tahun memiliki kemungkinan 60% terkena kanker payudara.

Dr Christopher Li dan timnya menganalisa data perempuan muda di Greater Seattle yang terdiagnosa kanker payudara antara 2004 hingga 2010.

Sebanyak 778 terdiagnosa jenis yang lebih umum estrogen reseptor-positif dan 182 memiliki jenis yang kurang umum tetapi lebih agresif: tipe triple-negatif.

Peneliti juga melibatkan 938 perempuan bebas kanker untuk perbandingan.

"Saya kira ada bukti kanker payudara sumber bahaya kesehatan lain yang berhubungan dengan merokok," kata Dr Li seperti mengutip dailymail, Selasa (11/2/2014).

Menurut National Cancer Institute, sekitar satu dari setiap delapan perempuan Amerika akhirnya menderita kanker payudara- tapi risikonya lebih rendah di usia muda. Hanya sekitar satu dari setiap 227 wanita 30 tahun berisiko kanker payudara sebelum usia 40 tahun.



Sumber : inilah.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About