Merawat Cucu Daya Ingat Nenek-Kakek Tetap Tajam


INILAHCOM, Jakarta - Ini saran untuk para orang tua yang ingin daya ingat mereka tetap tajam. Kuncinya adalah merawat cucu-cucu mereka setidaknya selama lima hari.

Para peneliti dari Australia menugasi sejumlah nenek dengan tiga tes ketajaman mental berbeda. Hasilnya mereka yang menghabiskan satu hari dalam seminggu mengurus cucu memiliki performa terbaik dalam dua dari tiga tes.

Para relawan berasal dari studi Women's Healthy Ageing Project di Australia. Temuan dipublikasikan dalam Menopause, jurnal The North American Menopause Society (NAMS).

"Kami tahu bahwa wanita yang lebih tua, yang terlibat secara sosial memiliki fungsi kognitif lebih baik dan berrisiko rendah menderita demensia, tapi terlalu banyak hal yang baik mungkin saja buruk," kata Dr Margery Gass, Direktur Eksekutif NAMS.

Peneliti mengaku terkejut dengan hasil yang mereka temukan dari penelitian ini. Ini adalah kali pertama penelitian yang mengaitkan pengasuhan nenek-kakek bisa memberi dampak kesehatan mental dan kognitif mereka.

"Semakin banyak waktu yang dihabiskan nenek merawat cucu , semakin mereka merasa bahwa anak-anak mereka lebih menuntut dari mereka, jadi mungkin suasana hati memainkan peran dalam hasil yang tak terduga," tulis laporan itu, seperti dipublikasikan dailymail, Kamis (10/4/2014). 

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About