Satu Jam Nonton Tevisi, Anak Kurang Tidur 7 Menit


INILAHCOM. Boston -- Apakah anak Anda kecanduan menyaksikan televisi di kamar tidurnya? Jika ya, mulailah mencari cara menghentikannya.

Hasil penelitian terbaru -- yang dilakukan MassGeneral Hospital for Children dan the Harvard School of Public Health -- mengungkapkan setiap jam menonton televisi, seorang anak kehilangan waktu tidur tujuh menit.

Artinya, semakin banyak seorang anak menghabiskan waktu untuk nonton televisi, maka waktu tidurnya juga akan berkurang. Misal, seorang anak rata-rata menyaksikan televisi dua jam, maka waktu tidurnya akan berkurang 14 menit.

Penelitian melibatkan 1.800 anak usia enam bulan sampai delapan tahun. Mereka menemukan anak-anak yang memiliki televisi di kamar tidur cenderung tidak istirahat tidur yang cukup. Rincinya, anak-anak kehilangan waktu tidur setengah jam sehari.

Data ini diperoleh dari wawancara dengan seluruh anak dan ibu mereka yang mengikuti proyek penelitian bertajuk Project Viva. Penelitian ini berlangsung selama tujuh tahun.

Lebih rinci lagi, penelian juga mencakup berapa jam setiap hari bayi berada di sebuah ruangan tempat televisi terpasang, berapa banyak anak-anak menonton televisi setiap hari, dan apakah anak-anak usia antara empat sampai tujuh tahun tidur di ruang yang ada pesawat televisi, dan berapa jam rata-rata seorang akan tidur setiap hari.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About