5 Makanan Penyebab Rasa Bahagia



Makanan yang kita makan seringkali menimbulkan beberapa efek. Selain dapat menimbulkan efek awet muda, juga bisa memengaruhi suasana hati kita.

Peneliti Gary Wenk, dari Ohio State University and Medical Center sekaligus penulis buku bertajuk, Your Brain on Food mengutarakan setiap makanan menstimulasi area berbeda pada otak, melepaskan berbagai zat kimia seperti dopamine dan serotonin. Di sisi lain, kekurangan asam amino bisa menyebabkan depresi.

Seperti dikutip Genius Beauty, berikut beberapa makanan yang bisa menimbulkan suasana hati senang. Apa saja?

Ikan

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang hidup di negara yang ikan adalah bagian integral dari diet, maka mereka akan memiliki tingkat depresi terendah, terhindar dari gangguan bipolar, depresi pasca-melahirkan, dan gangguan afektif musiman.Hal ini dikarenakan ikan banyak mengandung asam lemak Omega-3.
Studi yang dilakukan pada 2008, menunjukkan bahwa pengobatan depresi dengan minyak ikan bisa sama efektifnya dengan Prozac populrt di seluruh dunia.

Madu

Berbeda dengan gula yang tidak berguna dan berbahaya, madu mengandung vitamin B, asam folat, besi, mangan, dan 181 senyawa biologis aktif yang berbeda, seperti quercetin dan asamcaffeic, meningkatkan produksi energi di otak.

Cabai

Jika Anda suka dengan makanan pedas, maka kebiasaan itu bisa bantu Anda untuk selalu gembira. Cabai bisa meningkatkan endorfin, zat yang membuat orang gembira dan semangat.

Bit merah

Bit adalah sumber vitamin B, yang dibutuhkan oleh otak kita untuk fungsi yang baik dari memori, humor yang baik, kemampuan dengan cepat menemukan informasi dan memprosesnya. Bit juga mengandung betaine, suatu senyawa yang menggunakan otak kita untuk membuat antidepresan alami.

Tomat

Senyawa yang disebut lycopene tidak hanya membuat warna merah dari tomat semata, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati, mencegah pembentukan senyawa peradangan di otak yang berkaitan dengan depresi.
Tomat mengandung peningkatmoodlain, seperti asam folat, magnesium, besi dan vitamin B6, yang penting untuk memproduksi suasana hati-regulating neurotransmiter otak, seperti serotonin, dopamine, dan norepinefrin



SUMBER: .INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About