Ini 6 'Kecelakaan' Saat Liburan



Liburan adalah sesuatu menyenangkan. Banyak rencana yang telah dibuat agar suasana liburan menjadi seru dan bisa membuat Anda melepaskan diri dari kesibukan selama ini.
Tetapi kadang rencana tak berjalan sesuai harapan. Pada saat liburan ternyata beberapa masalah muncul justru bisa merusak liburan Anda bersama keluarga.
Dilansir Cosmopolitan, berikut beberapa 'kecelakaan' yang sering terjadi saat liburan dan cara mengatasinya...
Mabuk laut dan darat
Kejadian ini kerap terjadi terlebih bagi Anda yang jarang berpergiaan. Karenanya, disarankan bagi Anda yang hendak berpergiaan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang sarat akan lemak dan minyak.
Reaksi kedua kandungan ini pada tubuh adalah memudahkan pengkonsumsinya merasa mual. Selain itu, hindari membaca saar kendaraan tengah melaju ataupun memakai minyak panas untuk menggosok leher dan kepala yang menimbulkan aroma pemicu pusing kepala.
Diare
Liburan identik dengan 'pesta' dan makan bebas, karenanya masalah pencernaan seperti diare kerap menimpa Anda yang sedang menikmati masa indah liburan.
Karenanya, jika sudah terkena dalam keadaan darurat, larutkan satu sendok makan garam dan satu sendok makan gula ke dalam segelas air matang.
Minuman ini akan menggantikan cairan yang hilang dari tubuh penderita. Namun jika masih bisa mendapatkan minuman yang mengandung elektrolit atau kalori semacam oralit, berikanlah secepatnya.
Keracunan makanan
Bagi Anda pencinta kuliner, sebaiknya pandai memilah makanan jika sedang menjalankan liburan. Pasalnya jika Anda ceroboh memilih makanan, bukan saja diare, keracumam makanan juga akan mengintai.
Bagi Anda yang mengalami keracunan makanan, sebaiknya atasi dengan susu karena kandungan di dalamnya amat baik untuk menetralisir racun. Selain itu, berikan obat penyerap racun secepatnya seperti norit.
Mimisan
Mimisan kerap menyerang anak-anak saat liburan, tak terkecuali buah hati Anda. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya karena kelelahan.
Nah, jika hal itu terjadi, Anda bisa dudukkan buah hati Anda dengan posisi badan condong ke depan. Tekan hidung dengan ibu jari dan telunjuk selama 10-15 menit. Anjurkan anak Anda untuk bernafas melalui mulut.
Penekanan ini dapat segera menghentikan pendarahan pada hidung. Namun jika lebih dari 15 menit darah tetap mengalir, segeralah bawa buah hati Anda ke dokter.
Stres
Saat liburan tiba, seringkali timbul juga masalah lain seperti stres dan depresi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari uang sampai kemacetan.
Nah, jangan biarkan stres merusak liburan Anda. Kalaupun Anda tak bisa pergi ke tempat liburan favorit Anda, isilah liburan itu dengan cara yang sederhana.
Bersin dan gatal-gatal
Alergi bisa terjadi, meskipun Anda tidak memiliki riwayat alergi sebelumnya. Sumbernya bukan hanya makanan, tapi juga bisa dari udara dingin, cuaca terlalu panas, atau debu.
Karenanya, jagalah kebersihan ruangan Anda dan hindari debu. Jika terlalu alergi sebaiknya gunakan masker penutup hidung.



sumber:  INILAH.com

0 comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About